Keberadaan tim pemasaran dalam setiap usaha tidaklah bisa di pungkiri.Setiap bagian di edalam sebuah usaha memiliki peranan dan fungsi yang berbeda-beda,namun demikian hal itu bertujuan untuk memajukan perusahaan tersebut.salah satu bagian yang memegang peranan dalam setiap usaha adalah bagian pemasaran,berikut fungsi bagian pemasaran dalam setiap usaha secara garis besar.
- Sebagai bagian yang mengenalkan perusahaan ke masyarakat luas,dalam hali ini kegiatan tersebut di sebut PROMOSI
- Marketing bertugas dalam menghasilkan pemasukan ke perusahaan melalui penjualan produk atau jasa,fungsi ini bagian dari sales
- Marketing menjadi jembatan penghubung antara masyarakat dengan perusahaan,
- Marketing memiliki tugas dalam penyerapan informasi guna meningkatkan penjualan produk serta peningkatan kualitas mutu setiap produknya
- Seorang marketing tidak terus menerus berfokus pada penjualan saja namun juga harus bisa membina hubungan dengan konsumen lama serta meningkatkan jumlah konsumen baru
- Melindungi Brand atau merk perusahaan,seorang marketing akan saling bekerja sama dalam melindungi brand yang mereka.Jika ada yang ingin mengungkap atau menjatuhkan Brand mereka maka seorang marketing akan bersikap cepat dalam membangun "Benteng" perlawanan dengan berbagai pola antisipasi agar tidak bergejolak
- menaikan Brand dengan tugas dan strategi pemasaran yang ter ukur,progresif dengan perencanaan yang sangat matang
sehingga jika selama ini masih sekelas umkm tidak lah masalah selama peranan dan fungsi marketing dapat dilakukan.